Cara mengobati ayam lumpuh

Ayam bangkok aduan kesayangan anda terkena penyakit lumpuh? Anda jangan kuatir karena disini saya akan menulis artikel tentang Penyebab ayam terkena lumpuh dan Cara mengobati ayam lumpuh.Untuk mengobati ayam yang terkena penyakit pada kakinya/lumpuh kita harus tahu terlebih dahulu jenis penyakitnya agar tidak salah penanganannya dan pemberian obatnya
      Penyebab ayam terkena lumpuh adalah   sebagai berikut;

     Terkilir/keseleo

         Gejala awalnya pincang dan lama kelamaan tidak bisa jalan dan lumpuh,Agar bisa tahu dibagian yang sakit anda bisa merabanya dibagian paha hingga keujung jari,Biasanya dibagian yang sakit akan terasa panas suhunya dibanding daerah lainya.Cara mengobatinya oleskan arak/balsem ke bagian yang sakit,bisa juga dengan cara memberikan obat trombopop.

     Luka ringan
           Ayam yang terluka dibagian kaki biasanya akan menyebabkan penyakit bubul pada telapak kaki ayam dan dibagian lutut ayam(bubul gantung).

     Kukurangan vitamin
            Kekurangan kalsium dan zat besi bisa mengakibatkan ayam terkena lumpuh,terutama ayam yang asih berusia dini(ayam muda).Untuk mencegahnya berikan vitamin dan makanan yang mengandung zat besi pada ayam dengan teratur.

     Jika ayam aduan seperti ayam aduan bangkok terkena tetelo (ND), konon katanya belum ada obat ayam yang mampu untuk mengobati penyakit ayam ini. paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan cara pencegahan. jamu ayam aduan sebagai obat ayam alami tradisional dirasa mampu sebagai pencegah penyakit ayam, layaknya penyakit lumpuh ayam aduan akibat ND. selain proses pembuatan, bahan bahan, tahan lama untuk disimpan, jamu ayam aduan berkhasiat juga sebagai penambah stamina ayam, peningkat daya tahan tubuh ayam, serta suplemen mineral ayam bangkok aduan.

Cara membuat ramuan jamu tradional untuk ayam bangkok aduan
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:


1.    Jahe Instan 100 gram atau 3ons jahe basah dihaluskan ( ditumbuk Halus)
2.    Kunyit Instan 100 gram atau 3 ons kunyit basah dihaluskan ( ditumbuk Halus)
3.    Kencur instant 100 gram atau 3 ons kencur basah yang dihaluskan
4.    Temulawak instant 100 gram atau 3 ons temulawak basah yang dihaluskan
5.    1 sendok the Merica bubuk
6.    3 butir telur bebek / ayam kampung
7.    200 gram kalk / great sebagai sumber mineral calcium
8.    500 gram tepung ikan kualitas yang bagus
9.    500 gram konsentrat bebek / ayam petelur
10.    511 atau pur makanan ayam secukupnya
11.    1 bungkus Jamu kuat untuk manusia

Cara pembuatannya:
Campukan seluruh bahan kecuali pur ayam dan telur, setelah tercampur merata tambahkan telur dan aduk merata tambahkan pur ayam dan juga tambahkan air secukupnya sampai bahan bahan tersebut membentuk suatu adonan yang dapat di bentik, coba digenggam dan dibentuk jika sudah dapat untuk membentuk silahkan adonan dibentuk bola bola kecil sebesar kelereng, jika seluruh adonan sudah terbentuk silahkan di jemur sampai kering, setelah kering siap diberikan pada ayam bangkok. Akan lebih bagus lagi jika pakan ayam yg diberikan ditambah pakananan yang banyak mengandung kalsium, fosfor, vit A, vit D, vit B12.

Cara Pemberian Jamu
1. Masa latihan………..........…... 2 x 1 hari.
2. Menjaga kesehatan…............. 1 x 1 hari.
3. Untuk pacek...………..........…. 2 x 1 minggu

Jenis penyakit ayam ini termasuk jenis penyakit ayam istimewa menyerang saraf dan sistem pernapasan. dirasa penyakit ayam jenis tetelo (ND), keseleo atau terkilir, kerusakan otot setelah adu ayam atau meloncat dari ketinggian, luka pada kaki ayam, kurang vitamin merupakan hal yang dapat menjadi penyebab ayam bangkok lumpuh. jika ayam aduan terkena penyakit tetelo, ayam cenderung akan mengalami mati. berbeda jika vaksin ayam sudah diberikan. daya tahan tubuh ayam aduan cenderung cukup kuat terhindar dari kelumpuhan. Perlu diingat bahwa penyakit lumpuh disebabkan oleh banyak faktor, sehingga dibutuhkan ketelatenan dalam perawatan dan pengobatan ayam.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara mengobati ayam lumpuh